KOLABORASI GURU DAN DOSEN PADA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF SEKOLAH DHARMA ANANDA INDONESIA UNTUK RUMPUN MATA PELAJARAN BAHASA KELAS VI

Authors

  • Kristina Aji Universitas Terbuka
  • Arini Noor Izzati Universitas Terbuka
  • Benny Nugraha Universitas Terbuka
  • Asnah Limbong Universitas Terbuka
  • Brillianing Pratiwi Universitas Terbuka
  • Teguh Prakoso Universitas Terbuka

Keywords:

Guru Digital Teknologi Pembelajaran, Learning Management System, Mata Pelajaran Rumpun Bahasa

Abstract

Pendidikan masa kini telah melibatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Komunikasi antara guru dan siswa dapat dilakukan secara sinkronus maupun asinkronus. Pembelajaran yang fleksibel menjadi pilihan yang memikat generasi alpha, dengan keunggulan gaya belajar variatif dan personal. Meski demikan tidak menutup peluang siswa berkolaborasi. Aktivitas pembelajaran yang mengarahkan secara positif inisiasi dari siswa sehingga mendorong karakter siswa yang aktif, komunikatif, bahkan kreatif. Bercirikan pembelajaran yang fleksibel, mudah diakses dan menyesuaikan kebutuhan siswa, Sekolah Dharma Ananda mempunyai misi dapat menjadi sekolah unggulan dan bertaraf internasional. Kebutuhan siswa yang melek teknologi menunjukkan pentingnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah telah memenuhi standar pembelajaran dengan model daring yang didukung oleh kemampuan guru mengembangkan bahan ajar digital. Sebagai komponen penting yang menunjang pembelajaran era digital, guru perlu meningkatkan keterampilan mengembangkan bahan ajar yang interaktif, mudah dipahami, mudah diakses dan memenuhi kebutuhan individual siswa. Saat ini, guru belum sepenuhnya dapat mengembangkan bahan ajar karena terkendala oleh tugas dan tanggu

ung jawab guru sebagai wali kelas dan waktu mengajar. Universitas Terbuka dalam hal ini Yayasan Dharma Ananda Indonesia mengambil peluang dan tantangan tersebut untuk menciptakan kolaborasi yang kompeherensif bersama guru-guru di Sekolah Dharma Ananda Indonesia. Sebagai langkah awal, kegiatan guru didampingi oleh dosen Universtitas Terbuka khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris kelas VII yang berjalan beriringan. Bahan ajar yang menjadi sumber pengembangan menggunakan buku Kemdikbud pada laman SIBI (Sistem Informasi Perbukuan Indonesia) yang dapat diakses secara daring. Tambahan lainnya adalah  buku yang menjadi pegangan guru dalam mengajar bahasa Indonesia dan hahasa Inggris kelas VII dengan Kurikulum Merdeka. Dengan rancangan model pembelajaran berbasis Learning Management System, Sekolah Dharma Ananda juga mendapat pembinaan dari tim dosen Universitas Terbuka. Untuk memperoleh kondisi awal kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar interaktif, tim mengadakan focus grup discussion untuk mencari solusi mengatasi permasalahan guru. Wawancara personal pada masing-masing guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ditambahkan untuk menguatkan langkah-langkah kegiatan kolaborasi. Langkah berikutnya tim dosen menentukan jadwal untuk berdiskusi dan bekerjasama dengan untuk untuk membuat rancangan pembelajaran online, menyiapkan bahan ajar dalam presentasi-presentasi menarik dan mengunggahnya ke dalam LMS, didukung oleh tim Teknologi Informasi (IT) dari sekolah . Penetapan jadwal dan pembuatan bahan ajar interaktif yang dilakukan secara bertahap dapat menjadi alternatif pemanfaatan keterbatasan waktu mengajar guru. Untuk saat ini, target pengembangan bahan ajar interaktif masih berjalan dan merupakan tantangan yang harus diupayakan. Tim dosen berharap guru di Sekolah Dharma Ananda Indonesia terus aktif mengembangkan bahan ajar interaktif yang sesuai kebutuhan siswa dan menjadikan proses ini sebagai kesempatan meningkatkan potensi sebagai guru profesional yang juga handal dalam  teknologi pembelajaran. 

References

Krajcso, Z. (2016). Classification and quality criteria for Open Educational Resources in the field of foreign language learning. Journal of Language and Cultural Education, 1(4), 48-59.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan NasionaL, https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm. Diakses 2 September 2024

Volodymyrivna, B. O., & Georgievna, R. I. (2020). Peculiarities of innovative learning in a modern educational environment. Балканско научно обозрение, 4(2 (8)), 24-26.

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles