PENINGKATAN KOMPETENSI PENGELOLA OBJEK WISATA KALIMOSODO, KECAMATAN TULUNG, KABUPATEN KLATEN DALAM PEMBUATAN KONTEN WISATA DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA TARIK WISATAWAN

PENINGKATAN KOMPETENSI PENGELOLA OBJEK WISATA KALIMOSODO, KECAMATAN TULUNG, KABUPATEN KLATEN DALAM PEMBUATAN KONTEN WISATA DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA TARIK WISATAWAN

Authors

  • Danar Kristiana Dewi Kristiana Dewi Universitas Terbuka
  • Cicilia Clara Devi Anggraini Universitas Terbuka
  • Yulia Budiwati Universitas Terbuka
  • Ratih Paramitasari Universitas Terbuka
  • Fadloli Universitas Terbuka
  • Djoko Sri Bimo Universitas Terbuka

Abstract

Umbul Kalimosodo, yang juga dikenal dengan objek wisata plengkung pitu memiliki potensi wisata air yang menarik. Objek wisata air yang dimiliki diantaranya adalah kolam renang dengan mata air asli. Sayangnya objek wisata ini mangkrak dan tidak terkelola selama tiga tahun, dikarenakan investor yang pada awalnya mengelola objek wisata tersebut berhenti ditengah jalan dan meninggalkan banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah desa setempat. Pekerjaan rumah ini salah satunya adalah infrastruktur, sarana dan prasarana serta Upaya membangkitkan Kembali objek wisata Kalimosodo. Pada pengabdian masyarakat ini, dilakukan Upaya perbaikan infrastruktur inti objek wisata yang paling penting seperti perbaikan dua kolam renang, penambahan arena bermain dan pemberian pelatihan pembuatan konten digital yang nanti akan digunakan sebagai sarana promosi untuk menarik para wisatawan. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat dimulai dengan melakukan need assessment yakni pemetaan kebutuhan masyarakat yang paling mendesak, perbaikan infrastruktur, penambahan alat bermain dan pelatihan pembuatan konten digital. Dampak dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya adalah, secara ekonomi, hidupnya Kembali objek pariwisata turut meningkatkan nilai ekonomi dan mata pencaharian penduduk desa Sudimoro, Kecamatan Tulung, Kab. Klaten. Provinsi Jawa Tengah.

References

Applegate, E. (2005). Strategic copywriting: How to create effective advertising. Rowman & Littlefield.

Alim, O. N., & Santoso, A. B. (2022). Analisis SWOT Strategi Revitalisasi Objek Wisata Waduk Mrica Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. Geo-Image Journal, 11(1), 63- 69.

Bowdery, R. (2008). Basics Advertising 01: Copywriting (Vol. 1). AVA Publishing.

Chandrakusuma Hardian. 2009. Perancangan Media Promosi Produk Teh Walini Organik PT. Perkebunan Nusantara VIII, Jurusan Desain Produk Industri, FTSP ITS.

https://sdgsdesa.kemendesa.go.id/wp-content/uploads/2020/12/Peraturan-Menteri-Desa- Pembangunan-Daerah-Tertinggal-dan-Transmigrasi-Nomor-13-Tahun-2020-tentang-Prioritas- Penggunaan-Dana-Desa-2021-Salinan.pdf, diakses 1 desember 2021

https://jdih.kemendesa.go.id/index.php?/inventaris/2019/4

Indah Ika Nur, Yulianto Lies. 2013. Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Produk Kelompok PIDRA Desa Gawang Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, International Journal of Computer Science – Speed (IJCSS), 15 vol 10 no 1.

Sunarko, A., Azril, M., Triyani, N., & Setyoningsih, A. M. (2023). Revitalisasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Ropoh Dalam Pengelolaan Objek Wisata Bukit Selfi. Servis: Jurnal Pengabdian dan Layanan kepada Masyarakat, 1(2), 48-55.

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles