Pemanfaatan Media Permainan Edukatif Metamorfosis Terhadap Kinerja Guru Pada SBB TK Ruhul Ukhuwwah Jakarta
Pemanfaatan Media Permainan Edukatif Metamorfosis Terhadap Kinerja Guru Pada TK SBB Ruhul Ukhuwwah Jakarta
Keywords:
Media Permainan Edukatif, Konsep metamorfosis, Kinerja guruAbstract
Pendidikan anak usia dini biasanya bertujuan untuk menghasilkan generasi yang berkualitas, yaitu anak-anak yang sehat secara fisik dan mental, tumbuhan dan kembang sesuai usianya. Jika dilakukan dengan benar, pengenalan sains di TK akan secara bertahap meningkatkan kemampuan berpikir logis anak-anak. Dalam pembelajaran sains di usia dini, anak-anak diminta untuk berinteraksi secara langsung dengan objek sains dan mempelajarinya. Anak-anak akan belajar berpikir logis melalui eksplorasi dan percobaan, yang melibatkan seluruh tubuh, terutama panca indera. Satuan pendidikan paling dasar adalah pendidikan anak usia dini. Kinerja pendidik mempengaruhi satuan pendidikan yang diikuti. Sekolah dasar SBB TK Ruhul Ukhuwwah menerapkan pembelajaran holistik berbasis karakter. Guru di SBB TK Ruhul Ukhuwwah sudah mulai menggunakan media pembelajaran yang berfokus pada permainan edukatif untuk mengenalkan sains biologi kepada siswa mereka. Namun para guru hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang sains biologi yang dikemas secara sederhana dalam media permainan edukatif untuk diajarkan atau dikenalkan kepada siswa mereka. Dengan demikian, siswa di SBB TK Ruhul Ukhuwwah dapat memahami proses sains biologi yang berinteraksi dengan lingkungan mereka. Berdasarkaan permasalahan diatas kami tim dosen dari universitas terbuka bermaksud melakukan pengabdian kepada masyarakat di SBB TK Ruhul Ukhuwwah dengan tujuan mengajarkan guru-guru SBB TK Ruhul Ukhuwwah untuk membuat dan menerapkan media permainan edukatif untuk mengenalkan sains biologi kepada siswa mereka. Metode pelaksanaan meliputi: a. Persiapan; b. Pelatihan; c. Pendampingan; d. Pengawasan; dan e. Evaluasi. Hasil pengawasan dan evaluasi kinerja guru dari pelatihan dan pendampingan yang dilakukan guru mampu memproses membuka pembelajaran dengan 90% baik seperti menyiapkan anak secara fisik dan mental, memotivasi anak, menyampaikan apersepsi, tujuan pembelajaran, cakupan materi. Guru memiliki kemampuan 90% baik dalam penguasaan materi, menyampaikan dan menerapkan konsep materi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna pada kehidupan. Dalam menerapkan strategi pembelajaran 90% kemampuan Guru baik dalam menggunakan strategi pembelajaran aktif dengan pendekatan saintifik sehingga menumbuhkan kebiasaan positif. Guru juga memiliki kemampuan 90% baik dalam penggunaan media pembelajaran metamorfosis, seperti crafting, puzzle kayu, puzzle bahan flannel, ronce tahapan metamorfosis, tebak gambar. Guru sebesar 90% baik terhadap kepekaan social dan kepribadian, serta penilaian hasil belajar saat penutupan proses pembelajaran. Disimpulkan bahwa media permainan edukatif metamorfosis sempurna dan tidak sempurna dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran TK (RPP-TK).
References
Hayati, U., Aswandi, Miranda, D. 2017. Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Kegiatan Pembelajaran di TK. Pontianak Universitas TanjungPura. [Skripsi].
Ismail. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Volume.1. Nomor. 5. Halaman. 27-34. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.7969878
Jauhar, S., Sudarto., Yusuf, A.D. 2023. Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Variatif di Kelas Tinggi SD Negeri 1 Balangnipa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 4., No. 4. Halaman. 829-836.
Kaniawati, E., Mardani, M.E., Lestari, S.N., Nurmilah, U., Setiawan, U. 2023. Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research. Vol. 1., No.2. Halaman. 18-32.
Khakiim, U., Degeng, I.N.S., Widiati, U. 2016. Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume.1., Nomor. 9. Halaman. 1730-1734.
Nurlaili, N. 2018. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229.
Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 2(2), 43–55.
Simanjuntak, C.R., dan Naibaho, D. 2024. Mampu mengakhiri Pembelajaran. Junral Ilmiah Mahasiswa. Vol. 2., No.1. Halaman. 63-70.
Sofia, I., Nafla, S. A., Siraj, S., Situmorang, S., Wulandari, T., & Hidayatullah, T. Y. (2023). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 2(1), 183-188.
Warsita, B. 2013. Evaluasi Media Pembelajaran sebagai Pengendalian Kualitas. Jurnall Teknodik. Vol. 17. No. 4. Halaman. 438-447.
Winata, W., Hasanah, H., Anjeasy., Fitriawaty, D., Hasanah, W., Octavianti, D. 2019. Alat permainan edukatif dari barang bekas. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masayarakt LPPM UMJ. Hal. 1-5. Jakarta: UMJ.