STRATEGI PEMASARAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN BUMDES TERATAI JURUAN DAYA SUMENEP MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENENTUAN HARGA PRODUK

Authors

  • Berlina Hidayati Universitas Terbuka
  • Tiara Sevi Nurmanita Universitas Terbuka
  • Sucipto Sucipto Universitas Terbuka
  • Dewi Wardah Mazidatur Rohmah Universitas Terbuka

Keywords:

Penentuan Harga Produk, Strategi Pemasaran, Pengurus BUMDes

Abstract

Penentuan harga produk merupakan strategi krusial dalam bisnis untuk meningkatkan keuntungan, membentuk penilaian konsumen, meningkatkan daya saing, dan menentukan posisi produk dalam pasar terutama bagi produk komoditas. BUMDes Teratai menjual produk utama keripik dan terasi yang memiliki sedikit perbedaan dengan produk yang sudah ada dipasaran sehingga penting untuk menentukan harga produk untuk membentuk persepsi nilai produk tersebut dipasar. Metode yang digunakan adalah dengan cara diskusi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi harga secara berkala selama periode pengabdian agar pengurus BUMDes Teratai secara mandiri dapat menentukan harga produk.

Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak positif, pengurus BUMDes Teratai menunjukan antusiasme yang luar biasa dan turut berperan aktif untuk menghitung dan merumuskan penentuan harga produk hingga mampu meningkatkan kompetensi dan keterampilan BUMDes Teratai untuk meningkatkan pendapatan dan menggunakan strategi pemasaran produk yang lebih baik. Luaran pengabdian ini antara lain berupa; 1) memberikan kesadaran dan pemahaman bagi pengurus BUMDes pentingnya penentuan harga produk untuk kelangsungan bisnis BUMDes, 2) pengurus BUMDes memiliki keterampilan untuk menentukan harga produk dengan beragam metode sesuai dengan skenario pemasaran yang ingin dipersepsikan kepada konsumen, 3) pengurus BUMDes memiliki kemampuan membuat daftar aktivitas utama yang diperlukan dalam kegiatan bisnis BUMDes yang kemudian dimanfaatkan untuk proses identifikasi biaya dan perhitungan biaya secara sederhana hingga tercipta harga produk lebih akurat sesuai dengan tujuan posisi produk dipasar melalui penentuan harga produk.

References

Arlinwibowo, J., & Retnawati, H. (2015). Developing Audio Tactile for Visually Impaired Students. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 6(4), 18–30.

Cook, T. D., & Campbell, D. T. (1979). Quasi-experimentation: Design & Analysis Issues in Field Settings. MA: Houghton Mifflin.

Hermanto, F. Y., Sutirman, Mar’atus, S., & Ranu, M. E. (2021). The effectiveness of distance practice learning for facing covid-19 pandemic in Indonesia. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(12), 2925–2936.

Sholikah, M., Sutirman, S., & Hermanto, F. Y. (2020). Can The Social Mission Model Improve the Students’ Interest? Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 8(1), 54–65. https://doi.org/10.21009/jpeb.008.1.6

Wati, D. L., Septianingsih, V., Khoeruddin, W., & Al-Qorni, Z. Q. (2024).

Peranan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 265-282.

Downloads

Published

07-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles