Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran SALUT Majalengka dalam Menjangkau Mahasiswa Baru

Authors

  • Meiryna Fazryanti UT Bandung
  • Hizry Abdilah Asra
  • Riza Alrakhman Universitas Terbuka

Keywords:

Strategi Pemasaran, SALUT Majalengka, Mahasiswa Baru, Pengabdian Masyarakat, Pendidikan Tinggi

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Majalengka dalam menjangkau mahasiswa baru di seluruh wilayah Kabupaten Majalengka. Kegiatan ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan survei kepada calon mahasiswa serta staf SALUT Majalengka.

Fokus utama pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengidentifikasi keberhasilan berbagai strategi pemasaran yang telah diterapkan dan mengevaluasi dampaknya terhadap jumlah pendaftar baru.

Hasil aktifitas menunjukkan bahwa strategi pemasaran SALUT Majalengka telah berhasil meningkatkan kesadaran calon mahasiswa terhadap program studi yang ditawarkan. Penggunaan media sosial, iklan lokal, dan kegiatan promosi langsung seperti pameran pendidikan dan seminar terbatas terbukti efektif dalam menarik minat calon mahasiswa. Namun, ditemukan juga beberapa kendala seperti kurangnya informasi detail mengenai prosedur pendaftaran dan fasilitas yang ditawarkan. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan rekomendasi untuk peningkatan strategi pemasaran, termasuk pemanfaatan teknologi digital dan peningkatan interaksi langsung dengan calon mahasiswa.

References

Darsana, I. M., Rahmadani, S., Salijah, E., Akbar, A. Y., Bahri, K. N., Amir, N. H., Jamil, S. H., Nainggolan, H. L., Anantadjaya, S. P. D., & Nugroho, A. (2023). Strategi Pemasaran. Intelektual Manifes Media.

Kannan, P. K., & Li, H. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22-45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Kusumawati, A. (2019). " Impact of Digital Marketing on Student Decision-Making Process of Higher Education Institution: A Case of Indonesia", Journal of e-Learning and Higher Education, Vol. 2019 (2019), Article ID 267057, DOI: 10.5171/2019.267057

Manurung, J., Anom, . E., & Iswadi. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment . Technomedia Journal, 8(2 Oktober), 248–260. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i2.2086

11

Seminar Terbuka Pengabdian kepada Masyarakat ISSN xxxx - xxxx (Online) Universitas Terbuka

Mustafa, F., Rezki, F., Miftahuddin, M. A., Hapsari, I., Dwiyanti, R., Azizah, S. N., Wibowo, U. D. A., Satata, D. B. M., & Kharismasyah, A. Y. (2024). Manajemen pemasaran. Penamuda Media.

Nova Darmanto, Freddy Yakob, Zaenab, & Rendi Septiriyano. (2024). STUDI KASUS PENYUSUNAN STRATEGI PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF MELALUI MEDIA DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 9(2), 399 - 410. Retrieved from https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/1435

Putriana, J., & Kristiani, D. N. (2024). Strategi Komunikasi STT Kadesi dalam Kegiatan

Promosi: Upaya Memperkenalkan Institusi dan Meningkatkan Jumlah Calon Mahasiswa Baru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6952–6970. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15814

Ramadian, A., Mauliansyah, F., & Sepriano, S. (2024). Digital Marketing: Meningkatkan Brand Awareness dan Konversi. Sonpedia Publishing Indonesia.

Renata, R., & Tobari, T. (2017). STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 23–32. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1151

Rizaldi, M. A., & Aliyyah, R. R. (2024). Strategi Pemasaran Penerimaan Mahasiswa Baru. Karimah Tauhid, 3(2), 2288–2311. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12079

Setiawan, Z., Nurdiansyah, N., Kushariyadi, K., & Sari, M. D. (2024). Strategi Pemasaran: Konsep dan Inovasi Pemasaran di Era Digital. Sonpedia Publishing Indonesia.

Solomon, M. R., & Tuten, T. L. (2017). Social media marketing. SAGE Publications Ltd. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera

Downloads

Published

30-06-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles