MEMBANGUN KEMANDIRIAN FINANSIAL UMKM DAN REMAJA DESA MELALUI PELATIHAN LITERASI FINANSIAL MASYARAKAT DESA WISATA SIALLAGAN PINDARAYA PULAU SAMOSIR
KEMANDIRIAN FINANSIAL DAN PELATIHAN LITERASI FINANSIAL
Keywords:
Kemandirian finansial, Manajemen keuangan, UMKM, Remaja desa, Desa WisataAbstract
Kemandirian finansial merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur keuangannya sendiri, merupakan keterampilan dasar manusia dalam manajemen keuangan diri pribadi. Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), keterampilan diri terhadap kemandirian finansial ini merupakan keterampilan dasar dalam pengelolaan keuangan. Sayangnya masih banyak remaja dan pelaku UMKM di Desa Wisata Siallagan Pindaraya yang masih memiliki pengetahuan yang cukup dalam memanajemen keuangannya, padahal dengan kemandirian finansial dapat memperkuat perkembangan usaha UMKM tersebut. Karenanya Dosen Universitas Terbuka melakukan Pelatihan Literasi Finansial dan Pendampingan keterampilan bisnis kepada para UMKM dan remaja Desa Wisata Siallagan Pindaraya, untuk mengembangkan usaha desa yang sudah terdapat banyak aset alam yang dapat dimanfaatkan pengelolaan keuangannya, dari pemandangan alam, bangunan cagar budaya dan berbagai kerajinan tradisional baik dalam bidang tekstil maupun pahatan yang memiliki ke-khas-an Suku Adat Batak Toba melalui Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Pemberdayaan Desa Binaan (PDB). Hasil dari kegiatan PkM Universitas Terbuka ini dapat meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia, khususnya pelaku UMKM dan remaja Desa Wisata Huta Siallagan dalam meningkatkan pengetahuan finansial dan kemandirian keuangan.
References
Dai, Ratna Meisa dan Suyanto. (2018). Model Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pengelolaan Kinerja Pada Pengusaha Olahan Susu Cipageran di Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan, Vol. 8(1), 2018.
Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Diakses pada 28 November 2021 dari https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia.
Mutegi, H. K., Njeru, P. W., & Ongesa, N. T. (2015). Financial Literacy and Its Impact on Loan Repayment by Small and Medium Entreprenurs. International Journal of Economics, Commerce and Management. 3(3). 1-28
References [Times New Roman, 12-point, left alignment, upper and lower case] should be cited according to the American Psychological Association Style (APA Style) https://apastyle.apa.org/
Avery, R. J., Bryant, W. K., Mathios, A., Kang, H., & Bell, D. (2006). Electronic course evaluations: Does an online delivery system influence student evaluations? The Journal of Economic Education, 37(1), 21–37. https://doi.org/10.3200/JECE.37.1.21-37
Boysen, G. A. (2015b). Significant interpretation of small mean differences in student evaluations of teaching despite explicit warning to avoid overinterpretation. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 1(2), 150–162. https://doi.org/10.1037/stl0000017
Dewar, J. M. (2011). Helping stakeholders understand the limitations of SRT data: Are we doing enough? Journal of Faculty Development, 25(3), 40–44.
Dommeyer, C. J., Baum, P., & Hanna, R. W. (2002). College students’ attitudes toward methods of collecting teaching evaluations: In-class versus on-line. Journal of Education for Business, 78(1), 11–15. https://doi.org/10.1080/08832320209599691
Gilovich, T., Griffin, D., & Kahneman, D. (Eds.). (2002). Heuristics and biases: The psychology of intuitive judgment. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511808098
Venette, S., Sellnow, D., & McIntyre, K. (2010). Charting new territory: Assessing the online frontier of student ratings of instruction. Assessment & Evaluation in Higher Education, 35(1), 101–115. https://doi.org/10.1080/02602930802618336
Webb, E. J., Campbell, D. T., Schwartz, R. D., & Sechrest, L. (1966). Unobtrusive measures: Nonreactive research in the social sciences. Rand McNally.