PENINGKATAN PEMASARAN DENGAN PEMBUATAN PERSONAL BRANDING PRODUCT PADA NASTAR USAHA BR COOKIES
Keywords:
Gluten free, Kewirausahaan mahasiswa, Nastar, Pemasaran digital, , Personal brandingAbstract
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berperan sebagai wadah untuk mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidang ilmu yang ditekuninya selama perkuliahan. BR Cookies merupakan usaha kue kering rumahan yang memproduksi nastar sebagai produk unggulannya. Dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat terutama di pasar digital, BR C ookies perlu menerapkan strategi personal branding untuk meningkatkan daya saing dan menarik konsumen. Adanya Kegiatan Pengabdian kepada Masy arakat (PkM) Kewirausahaan Mahasiswa, memberikan semangat dan mendorong kami untuk terus menjalankan usaha yang sudah ada. Usaha BR Cookies ini dikembangkan di Jalan Cipinang Muara IV, Rt002/Rw011, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Usaha ini dijalankan oleh mahasiswa dari Program Studi S1 Teknologi Pangan, dengan dibimbing oleh dosen dari UT Pusat. Proses bimbingan kewirausahaan dengan dosen dilakukan secara tatap muka dan online. Tahapan kegiatan digunakan meliputi pengembangan produk gluten-free , pencantuman logo halal, pengurusan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), pengujian kandungan gizi produk, pembuatan desain kemasan, foto produk yang menarik.serta pembuatan pemasaran digital. Hasil dari kegiatan PKM Kewirausahaan mahasiswa ini adalah dihasilkannya produk baru berupa nastar gluten free dengan grassfed butter dalam kemasan jar dengan desain kemasan yang sudah dilengkapi dengan nama pangan olahan, berat bersih, nama dan alamat produsen,daftar bahan yang digunakan, nomor pendaftaran pangan, kandungan gizi, serta logo halal, serta pemasaran digital seperti grabfood dan tokopedia dengan visualisasi produk yang sudah menarik.
References
Ariyani, S. (2015). Perbedaan kualitas kue nastar hasil eksperimen dengan bahan dasar yang disubstitusi menggunakan tepung gembili. Skripsi. Penddikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup Dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi Umkm. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(5), 3–9.
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents,
12–26.
Rahayu, Kun Mardiwati (2020), Mengapa Suatu Produk Penting untuk di Sertifikasi Halal?,
Halal Center, Info Halal, Universitas Al-Azhar Indonesia.
Ika Ratna Palupi, N. D. (2017). Penggunaan Label Gizi dan Konsumsi Makanan Kemasan pada Anggota Persatuan Diabetisi Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 11, No. 1 .