PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN BAGI GURU-GURU DI TIMOR LESTE

Authors

Keywords:

Kewirausahaan, Pemberdayaan Guru, Pelatihan Keterampilan

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam mendidik generasi penerus. Melalui para gurulah maka proses pembentukan akhlak, sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik dapat dbentuk. Sebagai figur yang ditiru dan digugu, membuat guru menjadi model dan panutan bagi peserta didik atau siswa. Dalam pelaksanaannya, guru tidak selalu dapat maksimal dalam pelayanannya, dikarenakan kendala-kendala dalam pemenuhan kebutuhannya, yang membuat waktu dan konsentrasi guru terbagi antara memberikan pengajaran maupun pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan sehari-hari yang besar, tidak selalu dapat terpenuhi oleh para guru, dan ini dapat menjadi kendala dalam menjalankan tugasnya, dikarenakan konsentrasi, sumberdaya tenaga, dan waktu yang terpecah, antara memberikan layanan pendidkkan,dengan pemenuhan kebutuhan. Hal seperti ini membutuhkan solusi. Bentuk solusi yang dapat dilakukan adalah kegiatan wirausaha, yang merupakan kegiatan memberikan nilai tambah pada produk dan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, yang dapat meningkatkan penghasilan bagi usahawan. Sebagai bidang yang baru, maka prinsip wirausaha perlu dipelajari oleh para guru, dalam bentuk pelatihan.

Peningkatan kesejahteraan adalah perlu bagi guru di Timor Leste, yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah. Berdasarkan laporan United Nations Development Programme (UNDP) tahun 2020, Timor Leste berada di peringkat 152 negara termiskin di dunia dari 162 negara. PDB per kapita Timor Leste sekitar 2.356 dollar AS uatau sekitar Rp 34,23 juta (kurs Rp 14.532) pada Desember 2020.

Untuk pembangunan, dibutuhkan pengelolaan unsur-unsur atau sumber daya yang dimiliki, yaitu unsur-unsur manajemen. Unsur-unsur manajemen terdiri dari 6 M, yaitu Man, Money, Method, Machine, Material, dan Market. Dari ke 6 unsur ini, Man atau Sumber Daya Manusia merupakan unsur terpenting, sebagai pengendali. SDM yang unggul, akan membawa kemajuan. Peningkatan kualitas SDM adalah penting untuk membawa kemajuan. Pelatihan wirausaha adalah bagian dan peningkatan kualitas SDM, dan ini penting untuk mempercepat keterampilan berwirausaha sebagai jalan menuju peningkatan kesejahteraan. Inovasi, kreatifitas, motivasi, disiplin, semangat juang, serta kemandirian, adalah hal yang dapat dilakukan. Sesuai pedoman Kewirausahaan Kemendikbud tahun 2022, ada 6 bidang usaha peminatan, meliputi makanan dan minuman, budidaya, industri kreatif, manufaktur, teknologi terapan, serta bisnis digital.

Guru-guru di Timor Leste diberi pelatihan pada bulan Mei s.d. Juni tahun 2024. Untuk jenis makanan dan minuman berupa pembuatan jus buah pepaya dan jeruk. Untuk budidaya adalah berupa penyemaian benih tanaman pepaya dan jeruk, serta pembuatan pupuk kompos. Di bidang industri kreatif berupa pemanfaatan botol sampah plastik menjadi pot tanaman, tempat pulpen. Untuk jenis manufaktur, berupa pengemasan produk makanan melalui proses vacuum sealer. Untuk teknologi terapan berupa pembuatan jagung popcorn. Sedangkan untuk bisnis digital berupa pengenalan e-business. Setelah dilatih, para guru mendemontrasikan keterampilannya. Hasil kegiatan menunjukkan para guru telah meningkat keterampilan berwirausahanya melalui bidang usaha peminatan yang dipilih. Untuk itu pemberdayaan kewirausahaan adaah penting bagi peningkatan kesejahteraan guru-guru di Timor Leste.

Author Biography

Wise Rogate Silalahi, Universitas Terbuka

Study Program Management

References

Hastuti, P., dkk. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Medan: Yayasan Kita Menulis Kemendikbudristek. (2022). Panduan Wirausaha Merdeka. Kementerian Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lubis, S.B.H. (2006). Kewirausahaan.Tangerang: Universitas Terbuka Press.

Mukhrodi, M. Wahyudi, W., dan Sugiarti, E. (2021). Membangun Jiwa Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal PkM. Open Journal System. Perhimpunan Sarjana Ekonomi dan Bisnis.

Terry, J.R. (1968). Principles of Management. Michigan: R.D. Irwin Publisher UNDP. (2020). UNDP Annual Report

Downloads

Published

21-06-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles