PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK RUMPUN ILMU SOSIAL DI SMP DHARMA KARYA UT

Authors

  • Mukti Amini Universitas Terbuka
  • Yos Sudarso Universitas Terbuka
  • Mutia Kamalia Mukhtar Universitas Terbuka
  • Memet Casmat Universitas Terbuka
  • Kusnadi Universitas Terbuka

Keywords:

Pengembangan Karakter, Ilmu sosial, dan Pembelajaran Online

Abstract

 Pada era digitalisasi pendidikan, dibutuhkan inovasi pembelajaran yang mampu membangkitkan minat dan motovasi anak usia SMP, dimana mereka termasuk generasi Z. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa melalui mata pelajaran rumpun ilmu sosial dengan memanfaatkan metode pembelajaran online. Rumpun ilmu sosial tersebut meliputi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pendekatan ini dianggap relevan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama, pancasila, sosial serta kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini melibatkan siswa dan guru sebagai subjek penelitian. Metode pembelajaran online dipilih sebagai sarana untuk memberikan aksesibilitas yang lebih luas dan fleksibilitas dalam proses belajar-mengajar. Melalui platform digital, materi pembelajaran disusun dengan penekanan pada aspek karakter seperti integritas, gotong royong, dan rasa cinta tanah air. Pembelajaran interaktif, diskusi online, dan kegiatan kolaboratif menjadi bagian integral dari strategi pengajaran untuk memperkuat pembentukan karakter. Hasil dari pengabdian ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan, serta mendorong pengembangan karakter yang positif. Selain itu, pembelajaran online diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari siswa, menciptakan generasi yang lebih sadar akan tanggung jawab kewarganegaraan dan mampu berkontribusi positif untuk kemajuan masyarakat

References

Dharmawan, N. S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Makalah Disampaikan Pada Pembinaan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa PTS Di Lingkungan Kopertis Wilayah VIII, 1–13.

Fudzni, E. H., & Aulia, S. S. (2021). Penguatan Literasi Digital Untuk Mendukung Hak Warga Negara di Media Sosial Melalui Pembelajaran PPKn. Didactica : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.56393/didactica.v1i1.100

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Irhandayaningsih, & Ana. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Anuva, 4(2), 231–240. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva%0APengukuran

Oktaviani, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. In Aktualisasi Kurikulum 2013 dIi Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi Unggul dan Berbudi Pekerti (Issue March). https://www.researchgate.net/publication/318760691

Raharjo, R., Armawi, A., & Soerjo, D. (2017). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 175–198. https://doi.org/10.22146/jkn.26457

Solihat, M. (2005). Komunikasi OrangTua dan Pembentukan Kepribadian Anak. Mediator, 6(56), 307–312. Pola sosialisasi, pendidikan, peserta didik, pendidikan umum, pendidikan Islam

Wahyudi, Anugraheni, I., & Winanto, A. (2018). Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 68–81.

Downloads

Published

28-05-2025

Conference Proceedings Volume

Section

Articles