MENGINSPIRASI PENGAJARAN SOSIOLOGI DI ERA DIGITAL : KOLABORASI UNIVERSITAS TERBUKA DAN MGMP SOSIOLOGI TANGERANG SELATAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
Guru Sosiologi, Kurikulum Merdeka, Kompetensi Pedagogik, Literasi Digital, Metode Penelitian SosialAbstract
Kurikulum merdeka menuntut guru untuk memiliki kompetensi pedagogik dan profesional yang mumpuni, khususnya pada mata pelajaran sosiologi. Namun, fenomena di lapangan menunjukkan tidak semua pengajar sosiologi SMA berlatar belakang pendidikan sosiologi, sehingga pembelajaran seringkali tidak maksimal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan Program Studi Sosiologi FHISIP Universitas Terbuka melalui kerja sama dengan MGMP Sosiologi Kota Tangerang Selatan. Bentuk kegiatan berupa workshop “Kupas Tuntas Materi Sosiologi Bagi Guru MGMP Sosiologi Tangerang Selatan: Menguatkan Pemahaman, Menginspirasi Pengajaran di Era Digital” dengan peserta 30 guru sosiologi SMA sekota Tangerang Selatan. Metode kegiatan meliputi need assessment melalui FGD, pelaksanaan workshop dengan dua materi utama, evaluasi menggunakan kuesioner dan tanya jawab. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru dalam menerapkan metode penelitian sosial serta kesadaran akan isu konflik di komunitas virtual. Guru juga terdorong untuk lebih reflektif dalam menghadapi tantangan digital seperti cyberbullying dan plagiarisme berbasis artificial intelligence (AI). Kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kompetensi profesional guru serta memperkuat jejaring akademik melalui MGMP. Luaran kegiatan berupa artikel publikasi dan prototipe buku saku sosiologi. Harapannya luaran ini dapat memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang sosiologi sebagai ilmu.References
Dukalang, L. (2023). Optimalisasi peran pengawas bina terhadap hambatan pengimplementasian kurikulum merdeka pada madrasah binaan. Research Rev. JIM, 2(2), 199 206. https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.47
Insriani, H. (2011). Pembelajaran sosiologi yang menggugah minat siswa. Komunitas International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(1). https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2300
Pakaya, I. (2023). Peran tri pusat pendidikan ki hajar dewantoro dalam transformasi kurikulum merdeka. Pedagogika, https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i2.2740 14(2), 172-180. Masyarakat, 7(2), 718-730. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5776
Purwasih, J. (2023). Pelatihan penguatan materi esensial kurikulum merdeka untuk MGMP sosiologi madrasah aliyah se-kabupaten malang. Gervasi Jurnal Pengabdian Kepada Pendidikan Islam, https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4847 10(2), 183-201.
Rohim, D. (2023). Hambatan guru kelas iv dalam mengimplementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5877 7(5), 2801-2814.
Sulistiawati, A. and Nasution, K. (2022). Upaya penanaman pendidikan karakter di sekolah Jurnal dasar telaah pendekatan struktural fungsional talcott parsons. Jurnal Papeda Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 24-33. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1839
Wulandah, S., Hufad, A., & Sulistiono, E. (2023). Urgensi kurikulum merdeka dalam pembelajaran sosiologi pada pendidikan abad 21. Jurnal Sosialisasi Jurnal Hasil Pemikiran Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(1), 59. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.41771
Zatalini, A. (2023). Implementasi penilaian pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran sosiologi di smas santun untan pontianak pontianak.. Jurnal Ilmiah Edukatif, https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2545