Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD melalui Pelatihan Pembuatan Big Book Berbasis Karakter di PKG Kecamatan Matraman
Keywords:
big book, guru PAUD, karakter anak usia dini, kompetensi pedagogik, pengabdian kepada masyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui pelatihan pembuatan big book berbasis karakter. Kegiatan dilaksanakan oleh tim dosen Program Studi PGPAUD Universitas Terbuka di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, dengan melibatkan 25 guru PAUD sebagai peserta. Metode pelaksanaan mencakup pelatihan, workshop, dan pendampingan intensif dalam merancang dan mengimplementasikan media big book yang sesuai dengan tahap perkembangan anak dan nilai-nilai karakter. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta tes awal dan tes akhir untuk mengukur perubahan pemahaman peserta. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun rata-rata skor peserta relatif stabil (dari 3,16 pada pre-test menjadi 3,10 pada post-test), terdapat peningkatan signifikan pada kelompok peserta dengan skor awal rendah. Sebaran nilai pasca pelatihan juga menjadi lebih merata, menandakan bahwa kegiatan ini berhasil memperkuat pemahaman konseptual guru yang sebelumnya memiliki kompetensi dasar lebih rendah. Selain itu, seluruh peserta berhasil menghasilkan produk big book berbasis karakter yang dapat digunakan sebagai media literasi dan penguatan nilai moral anak usia dini. Kegiatan ini berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan guru dalam mengintegrasikan pembelajaran berbasis karakter melalui media literasi visual sederhana.References
Fitri, N. A. (2022). Big Book: Learning media early limitation for early children. UJSSH (Universitas Jambi Social & Humanities Studies), 6(1), 12-20.
Jannah, M., & Nuraini, R. (2025). Fostering religious values in early childhood through big book media. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, X(X), xx-xx.
Kiromi, I. H. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 45-53.
Lubis, … (2015). Pedagogical competence of elementary school teachers: A descriptive study. ERIC Journal.
Palupi, R. E., & Sugito. (2025). From insecurity to agency: Professional competency development among non-formal early childhood educators in Indonesia. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh
Kembang Anak Usia Dini, 10(1), 173-186. https://doi.org/10.14421/jga.2025.10-14
Purwaningsih, E., & Madhakomala, R. (2022). Teacher’s pedagogical competence in the era of disruption 4.0 education. International Journal of Business, Law, and Education, 3(2), 74-83.
Rohmah, M. (2022). The effectiveness of media games books and big books on the learning outcomes of Indonesian elementary school students.
Widiastuti, Y. K., & Hermanto. (2024). Enhancing pedagogical competence in inclusive early childhood education through interactive digital modules: A pre-experimental study. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(3), 465-474. https://doi.org/10.14421/jga.2024.93-08.