PENGEMBANGAN KEMASAN UNTUK MENINGKATAN TAMPILAN DAN DAYA TARIK KUE BASAH

Authors

  • Eko Yuliastuti Endah Sulistyawati Department of Food Technology, Faculty of Science and Technology, Universitas Terbuka
  • Rina Rismaya Universitas Terbuka
  • Putri Johar Ayu Universitas Terbuka

Keywords:

daya tarik, kue basah, kemasan, tampilan

Abstract

Industri makanan adalah usaha yang memiliki peluang usaha luas, karena usaha ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Toko Roti Tikita/ Enake Cake  yang dimiliki oleh Putri Johar Ayu (salah satu pemilik) mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka telah dibuka sejak 2010 di Ciherang, Dramaga, Bogor dengan memproduksi sebanyak 51 jenis kue basah. Selama ini produksi kue basah berjalan dengan baik tetapi dengan bertambahnya jumlah produsen kue maka perlu dilakukan peningkatan tampilan produk agar memiliki daya tarik tersendiri untuk para konsumennya. Berdasarkan obeservasi tim Pengabdian Kepada Masyarakat terhadap produk kue basah yang dihasilkan diketahui bahwa untuk rasa, warna, tampilan, tekstur, aroma, dan regulasi halal pada kue basah sudah memenuhi ketentuan yang berlaku. Kekurangan yang ditemukan adalah kemasan kue basah yang belum menarik karena menggunakan plastik mika. Berdasarkan temuan ini maka tim PKM melakukan pengembangan kemasan meningkatan tampilan dan daya tarik kue basah. Metode pengembangan kemasan yang dilakukan adalah dengan langkah-langkah observasi produk dan target pasar, pelatihan untuk menentukan informasi yang wajib terdapat pada kemasan, pelatihan merancang kemasan, dan menguji kemasan. Hasil pada kegiatan PKM adalah berupa kemasan aneka kue basah yang yang memiliki keamanan pangan lebih terjamin, informasi yang lebih lengkap untuk konsumen, dan desaian kemasan yang lebih menarik tampilannya. Dampak pengembangan kemasan  untuk kue basah produk UMKM Toko Roti Tikita/ Enake Cake adalah peningkatan penjualan.

References

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Fajarani, G. E., Hestiningtyas, A., & Ivani, K. A. (2024). Daya Saing Produk Risol Di Kota Balikpapan. Jurnal Ekonomi & Bisnis Digital Terpadu, 1(1), 55–66.

Foster, B., Reyta, F., Johansyah, M. D., Nadeak, B., & Sormin, E. (2020). Peranan Desain Kemasan dan Branding Dalam Peningkatan Kualitas Produk Usaha Unggulan Bandung Selatan. Jurnal Comunita Servizio, 2(2), 479–486.

Hutauruk, N.H., Dewi, K., & Siregar, A. Z. (2024). Pentingnya Pembuatan Kemasan serta Labeling Home Industri Kue Basah dan Kue Kering Kecamatan Medang Selayang. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (2), 52-58. https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/Ji-SOMBA.

Janah, T. N. (2020). Upaya perlindungan konsumen muslim dan non-muslim melalui sertifikasi halal dan transparansi komposisi produk makanan. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 9(1), 65–85.

Kusumawati, D. N. I., Kusumah, W. I., & Wibisono T, R. W. (2022). Analisis Desain Kemasan Produk Umkm Makanan Tradisional Lemper Berbahan Alami Memiliki Daya Tarik Dan Ketahanan Mutu Produk. Jurnal Nawala Visual, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i1.340

Lawitani, D., Kafah, Wibowo, K., Rizqia, Syahba, Yuliana, A., Putri, M., Intan, Andarini, Sonja, Kusumasari, & Respati. (2024). Peran Inovasi Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis: Studi Kasus pada Industri Makanan dan Minuman Perusahaan Indonesia. IJESPG Journal, 2(1), 1–8. http://ijespgjournal.org

Mardikaningsih, R. (2023). Strategi Inovasi Dan Pemasaran Media Sosial Untuk Meningkatkan Keunggulan. Jurnal Baruna Horizon, 6(2), 58–67. https://jurnal.stiamak.ac.id/index.php/jbh/article/view/101/85

Oktavianty. (2023). Desain Kemasan dan Penampilan Produk Gula Kelapa Pacitan untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. Journal Agroforetech, 1(2), 1107–1116. https://jurnal.instiperjogja.ac.id/index.php/JOM/article/view/619%0A

Sasmita, J., Handyasto, A., & Kuswatiningsih. (2019). Peningkatan Pengetahuan tentang hipertensi guna memperaki tekanan darah pada anak muda di sleman Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 26–38.

Setiawardhani, W. O. (2025). Peran Packaging Dalam Strategi Marketing Bagi Daya Tarik Beli Konsumen. Komunikata57, 6(1), 152–162. https://doi.org/10.55122/kom57.v6i1.1888

Surajiyo, S., Juita, H. R., Triharyati, E., Saputra, D., & Arismenanda, M. (2024). Peran desain kemasan dalam meningkatkan daya tarik produk dan keputusan pembelian konsumen. Jurnal Univ. BI Mengabdi, 3(2), 50–58.

Syafi’i, A., Shobichah, S., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Pertumbuhan Dan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Pada Industri Makanan Dan Minuman. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 592–599. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.3140

Downloads

Published

13-12-2025