Penerapan e-Modul Psychological Wellbeing Berbasis Mindfulness pada Guru BK Kabupaten Sukabumi

Authors

  • Sari Wardani Simarmata
  • Dony Darma Sagita
  • Apri Kasman
  • Gayatria Oktalina

Keywords:

e-modul, psychological wellbeing, mindfulness, guru BK

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis (psychological wellbeing) guru Bimbingan dan Konseling (BK) melalui penerapan e-modul berbasis mindfulness yang dirancang untuk memperkuat kesadaran diri, regulasi emosi, dan penerimaan pengalaman kerja secara positif. Program ini dilaksanakan bekerja sama dengan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kabupaten Sukabumi dan diikuti oleh 60 guru BK dari berbagai jenjang pendidikan. Kegiatan diawali dalam bentuk ceramah oleh dan praktikum secara berkelompok, di mana setiap kelompok mendiskusikan kasus nyata yang dihadapi di sekolah, kemudian mengaitkannya dengan materi dalam e-modul berkenaan dengan komponen utama psychological wellbeing. Metode pelaksanaan meliputi sesi orientasi, pembelajaran berbasis kasus (case-based learning), dan refleksi mindfulness yang difasilitasi secara interaktif oleh tim. Setiap kelompok menghasilkan rencana aksi (action plan) yang menggambarkan penerapan mindfulness dalam praktik konseling sehari-hari, baik pada konteks layanan individual maupun klasikal. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kesadaran diri, manajemen stres, serta kemampuan reflektif guru BK dalam merespons dinamika emosional peserta didik. Penerapan e-modul berbasis mindfulness ini terbukti efektif sebagai media pengembangan diri dan profesionalisme guru BK dalam menghadapi tantangan psikososial di lingkungan sekolah.

Downloads

Published

07-12-2025