Abstract
ABSTRAK
Pengabdian ini bertujuan untuk pengadaan program pojok baca sebagai upaya peningkatan intelektual dan karakter generasi muda di kelurahan takofi kabupaten pulau moti dengan mitra yaitu SMPN 9 Kota Ternate. Metode pelaksanaan PKM dilakukan dengan: (1) Sosialisasi pendidikan, (2) Pembuatan Pojok Baca. Seluruh kegiatan yang telah dilakukan dalam pembuatan pojok baca sebagai upaya peningkatan intelektual dan karakter generasi muda di kelurahan takofi kabupaten pulau moti berjalan dengan baik. Kegiatan Sosialisasi Pendidikan terlihat siswa SMP sangat antusias menyimak materi yang diberikan oleh pemateri bagaimana pentingnya membaca bagi generasi milenial sekarang ini. Acara kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan diajukan secara antusias oleh para peserta dalam sesi tanya jawab. Secara garis besar inti dari pertanyaan para peserta adalah: (1) Bagaimana cara mengajak masyarakat desa untuk minat membaca; (2) Apa yang terjadi kalau kita malas membaca buku. Setelah dilaksanakan sosialisasi Pendidikan, kemudian acara berikutnya pembuatan pojok baca. Hal yang pertama dilakukan yaitu penyusunan rak buku yang dilaksanakan oleh dosen dan dibantu guru-guru sekolah. Setelah rak disusun kemudian buku-buku yang terdapat di kardus dikeluarkan kemudian disusun di rak buku tersebut
References
Abin Syamsuddin Makmun 2004. Psikologi Kependidikan. Remaja
Rosdakarya, Bandung
Ariani, N. & Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia Media di Sekolah
(Ardhiawan, Ed.). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Trollip, Stanley, R. & Alessi, Stepen, M. 1991. Computer based
Instructional: Method and Development. Prentice Hall
National Research Council.1989. National Council of Teachers of
Mathematics. Curriculum and evaluation standards for school
mathematics. Reston, VA: The Author.
Nicol, J. 2002. An Aspect of Mathematical Understending: The National of
“Connectes Knowing”. Doctoral thesis, La Trobe University,
Australia.
Council of Teacher Mathematics (NCTM). 2000. Principle and Standards for
School Mathematics. Reston: The National Inc.
Suharna, Hery. 2014. Proses Berpikir Koneksi Antar Konsep Siswa dalam
Menyelesaikan Masalah Aljabar. Prosiding ini telah dipresentasikan
dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XXI.
Yogyakarta
Suharna, Hery. 2014. Berpikir Koneksi Relatif Melalui refleksi dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Konferensi Nasional
Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II) Jurusan
Pendidikan .Matematika Universitas Muhammadiyah Solo.
Suharna, Hery. 2014. Proses Berpikir Koneksi Antar Konsep Siswa dalam
Menyelesaikan Masalah Aljabar. Prosiding ini telah dipresentasikan
dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XXI.
Yogyakarta.
Susanti, E. 2014. Proses koneksi produktif dalam Penyelesaian Masalah
Matematika. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementian Agama
RI.Jakarta.
Thoha.C. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Raja Grapindo Persada,
Jakarta.