Abstract
Bagian penting dari proses pembelajaran adalah evaluasi. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa agar proses pembelajaran dapat ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Proses evaluasi siswa dapat berupa pemberian tugas, kuis, ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester maupun ujian sekolah. Pandemi COVID-19 telah mengubah proses pembelajaran di sekolah yang awalnya pembelajaran secara luring di kelas, menjadi daring. Akibat lainnya proses ujian nasional pun berubah menjadi asesmen nasional. Hal ini membuat proses evaluasi harian menjadi lebih penting. Namun, proses evaluasi siswa bukanlah hal mudah. Dimana proses evaluasi membutuhkan banyak soal tervalidasi untuk diberikan pada siswa, sehingga guru harus memperbarui dan memvalidasi soal secara berkala. Hal tersebut belum termasuk pekerjaan lain berupa pemeriksaan hasil ujian siswa, manajemen nilai-nilai hingga pembuatan pelaporan hasil evaluasi untuk siswa, orang tua hingga kebutuhan dokumen sekolah. Oleh karena itu, kehadiran teknologi sangat dibutuhkan di sekolah, terutama untuk memenuhi kebutuhan proses evaluasi. Ada banyak kelebihan yang didapatkan dengan melakukan proses evaluasi menggunakan aplikasi quiz berbasis web. Pembangunan aplikasi quiz dapat memudahkan guru dalam melakukan manajemen soal, manajemen nilai hingga memudahkan proses pelaporan. Bagi siswa akses untuk mengerjakan soal-soal evaluasi menjadi lebih fleksibel, penilaian dan feedback dapat dilakukan secara otomatis sehingga siswa menerima lebih cepat. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikembangkan aplikasi quiz online yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan proses evaluasi. Pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan di SMA Bina Negara 1 Baleendah. SMA Bina Negara berjarak sekitar 4,8 km dari Telkom University. Pembangunan aplikasi quiz untuk siswa ini dilakukan dengan pendekatan user centered design. Diharapkan dengan dikembangkannya aplikasi quiz online di SMA Bina Negara ini proses evaluasi menjadi lebih mudah, soal dan nilai terstruktur dengan baik dan tepat.
References
Alruwais, N., Wills, G., & Wald, M. (2018). Advantages and Challenges of
Using e-Assessment. International Journal of Information and Education
Technology, 8(1), 34–37. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.1.1008
Camren Browne. (2021, August 5). Design Thinking vs. User-Centered
Design: What’s the difference?https://careerfoundry.com/en/blog/uxdesign/design-thinking-vs-user-centered/
Deviprasad Ghosh. (2021, June 8). A Beginner’s Guide to User-Centered
Design. WowMakers. https://www.wowmakers.com/blog/beginnersguide-to-user-centered-design/
Still, B., & Crane, K. (2017). Fundamentals of User-Centered Design A
Practical Approach.
KOMINFO. (2019, December). [DISINFORMASI] Mendikbud Nadiem
Makarim Umumkan UN Resmi Dihapus.