IMPLEMENTASI CREATIVE MARKETING BAGI PENGRAJIN TAS DI BLOK RANSEL DESA MARGAHAYU TENGAH KABUPATEN BANDUNG
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Creative marketing
Promosi produk
Website

Abstract

Desa Margahayu Tengah merupakan desa yang terletak di Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Sejak tahun 1960, masyarakat desa mengoptimalkan warisan turun temurun dalam mengembangkan produk lokal berupa tas maupun ransel sehingga di Desa Margahayu Tengah terdapat suatu kawasan yang disebut sebagai blok ransel karena sebagian besar masyarakatnya merupakan para pengrajin tas. Di tengah persaingan yang semakin ketat serta perubahan selera konsumen, para pengrajin tas di blok ransel masih minim memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi dan penjualan produk mereka, sehingga wilayah distribusi penjualan produknya masih seputar wilayah Bandung dan beberapa kota di Jawa Barat. Solusi yang ditawarkan pada kegiatan ini adalah implementasi creative marketing bagi pengrajin tas di blok ransel. Creative marketing merupakan serangkaian kegiatan dikembangkan untuk mempromosikan produk/jasa secara selektif atau sasaran penuh pasar untuk mencapai tujuan bisnis. Creative marketing dilakukan melalui beberapa rangkaian pelatihan pemasaran seperti dasar-dasar pemasaran, strategi branding, bauran promosi dan digital marketing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama 4 bulan, dimana setiap bulannya diadakan pelatihan kepada para pengrajin tas blok ransel. Selain pelatihan, luaran dari kegaiatan pengabdian masyarakat ini adalah website bagi pengrajin blok ransel yang nantinya website ini akan terhubung kepada website desa. Website dipilih sebagai media digital untuk mengenalkan, mempromosikan dan mempermudah transaksi pembelian bagi konsumen. Melalui creative marketing diharapkan para pengrajin tas di blok ransel dapat mengoptimalkan promosi produk dengan menggunakan media digital, memperluas pangsa pasar dan mampu memenuhi kepuasan pelanggan yang pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan penjualan dan pendapatan pada pengrajin yang akan berdampak pada pergerakan perokonomian masyarakat yang ada di desa Margahayu Tengah.

PDF (Bahasa Indonesia)

References

Hamel, G. (1998). Opinion: Strategy innovation and the quest for value. MIT Sloan Management Review, 39(2). Retrieved from http://sloanreview.mit.edu/

Ishaq, M. I. (2013). Marketing Strategy and business unit performance: Empirical evidence from Pakistani industries. Saarbrücken, Germany: LAP Lambert Academic Publishing.

Slater, S. F., Hult, G. T. M., & Olson, E. M. (2010). Factors influencing the relative importance of marketing strategy creativity and marketing strategy implementation effectiveness. Industrial Marketing Man- agement, 39(4), 551-559. doi:10.1016/j.indmarman.2008.03.007

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230201160105-97-907669/umkm-ransel-bikin-desa-di-bandung-menang-program-desa-brilian-2022

https://margahayutengah.desa.id/

Peraturan Direktur Jenderal Pajak No. PER-70/PJ/2007