MEMAKSIMALKAN PESAN PROMOSI USAHA KECIL MELALUI SOSIAL MEDIA DI KALANGAN ORGANISASI KOMUNITAS PEREMPUAN TANGGUH NASIONAL (KOMPETEN)
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

usaha perempuan
appreciative inquiry
media sosial
kompeten

Abstract

Kiprah perempuan dalam usaha kecil rumahan memainkan peranan penting untuk menggerakkan ekonomi rakyat.  Geliat mereka perlu untuk dimaksimalkan agar semakin dapat menunjukkan peranannya.  KOMPETeN merupakan komunitas perempuan yang dibentuk untuk memaksimalkan peran dan fungsi usaha kecil yang dikelola para anggotanya Usaha kecil yang dikendalikan perempuan dari rumah dapat dioptimalkan dengan  memanfaatkan sosial media Tujuan aktivitas  pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan adalah sebagai upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Aspek kemampuan mengemas pesan menjadi fokus utama materi pelatihan yang diberikan. Metode pendekatan Appreciative Inquiry digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.  Pendekatan ini berusaha mengungkap kebutuhan peserta dengan terlebih dahulu melakukan diskusi dan wawancara.. Pelatihan ini dilakukan dengan materi tentang konten kreatif yang bisa membantu  meningkatkan usaha penjualan hingga detail penjadwalan kesinambungan konten pemasaran untuk meningkatkan engagement dengan konsumen.  Selain itu juga dibahas mengenai proses mengedit sosial media melalui gadget yang digunakan masing-masing peserta meskipun dengan cara sederhana.  Pengembangan wawasan bisnis dan contoh pengelolaan dan penyusunan pesan komunikasi melalui sosial media dapat menigkatkan kecakapan dan pengalaman aplikatif bagi para peserta.  mengenai kecakapan mengelola bisnis usaha kecil yang dikelola perempuan

PDF (Bahasa Indonesia)

References

APJII. (2023). Survei internet asosiasi penyelenggaran jasa internet indonesia: profil internet indonesia. www.survei.apjii.or.id

_____.(2022). Survei internet asosiasi penyelenggaran jasa internet

indonesia: survei penggunaan internet oleh UMKM dan Korporasi. www.survei.apjii.or.id

Avery, R. J., Bryant, W. K., Mathios, A., Kang, H., & Bell, D. (2006). Electronic course evaluations: Does an online delivery system

influence student evaluations? The Journal of Economic Education, 37(1), 21–37. https://doi.org/10.3200/JECE.37.1.21-37

Belch, George E., Belch, Michael A.. (2018). Advertising and promotion: an integrated marketing communications perspective (11th ed).

New York, NY: McGraw-Hill Education Boysen, G. A. (2015b). Significant interpretation of small mean differences in student evaluations of teaching despite explicit warning to avoid overinterpretation. Scholarship of Teaching and Learning in Psychology, 1(2), 150–162.

https://doi.org/10.1037/stl0000017

Chaffey, Dave, Smith, P. R.. (2017). Digital marketing excellence : planning, optimizing and integrating online marketing (1st ed).

London: Routledge, Taylor & Francis Group.

____________. (2011). E-business and e-commerce management, 4th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Dave Chaffey; Dave et al. (2006). Internet marketing, strategy, implementation, and practice. Harlow: Prentice Hall.

Dewar, J. M. (2011). Helping stakeholders understand the limitations of SRT data: are we doing enough? Journal of Faculty Development, 25(3), 40–44.

Dommeyer, C. J., Baum, P., & Hanna, R. W. (2002). College students’ attitudes toward methods of collecting teaching evaluations: inclass versus on-line. Journal of Education for Business, 78(1), 11–15. https://doi.org/10.1080/08832320209599691

Gilovich, T., Griffin, D., & Kahneman, D. (Eds.). (2002). Heuristics and biases: The psychology of intuitive judgment. Cambridge

University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511808098

Kennedy, John dan Soemanagara, Dermawan. (2006). Marketing communication: taktik dan strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing management 15th ed. (15th). Harlow.

__________ dan Amstrong, Gary. (2004). Dasar-dasar pemasaran (Alih Bahasa Alexander Sindoror Dan Benyamin Molan). Jakarta:

Prehalindo

Mardjianto, L. D. (2022). Modul literasi digital. Jakarta: Aliansi Jurnalis Independen Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi pemasaran, strategi, dan taktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Shimp, A Terence. (2007). Periklanan promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu) edisi terjemahan. Jakarta:

Erlangga.

Smith, P., & Zook, Z. (2020). Marketing communications: integrating online and offline, customer engagement and digital technologies.

In Kogan Page (7th Editio). Kogan Page.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Venette, S., Sellnow, D., & McIntyre, K. (2010). Charting new territory: assessing the online frontier of student ratings of instruction.

Assessment & evaluation in higher education, 35(1), 101–115. https://doi.org/10.1080/02602930802618336

Watkins, J. M., Mohr, B., & Kelly, R. (2011). Appreciative inquiry: change at the speed of imagination: 2nd Edition.

https://doi.org/10.1002/9781118 256060

Webb, E. J., Campbell, D. T., Schwartz, R. D., & Sechrest, L. (1966). Unobtrusive measures: nonreactive research in the social sciences.

Rand McNally.

Whitney, D., & Trosten-Bloom, A. (2014). The power of appreciative inquiry: a practical guide to positive change, 2nd Ed. errettKoehler Publisher

Williams, B.K dan Sawyer, S.C. (2011). Using information technology: a practical introduction to computers & communications. McGrawHill. New York.: McGraw.