PENDAMPINGAN PENGADAAN JARINGAN INTERNET KAMPUNG WISATA CIWALUH DESA WATES JAYA KECAMATAN CIGOMBONG KABUPATEN BOGOR
PDF

Kata Kunci

Desa Wisata
Infrastruktur Internet
Optimalisasi Jaringan
Teknologi Informas

Abstrak

Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, mereka telah meluncurkan sebuah inisiatif ekonomi yang berfokus pada Desa Wisata Wates Jaya. Desa wisata ini menawarkan wisata alam perkebunan sayur, hutan pinus dan air terjun Curug Ciawitali yang masih satu dusun dengan keberadaan kawasan hutan lindung Bukit Bodogol. Potensi wisata alam tersebut menjadi daya tarik tersendiri di bandingkan desa wisata lainnya yang ada di Kabupaten Bogor. Untuk mengarahkan perluasan sektor industri pariwisata, diperlukan infrastruktur pendukung yang termasuk teknologi informasi dan komunikasi. Di desa ini, teknologi internet telah menjadi sangat populer, namun tantangan utamanya adalah kualitas konektivitas internet yang tidak stabil yang masih menjadi masalah yang signifikan. Oleh karena itu diperlukan optimalisasi jaringan internet. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan dukungan kepada warga Desa Wates Jaya dengan fokus pada peningkatan kualitas jaringan internet melalui pengadaan infrastruktur jaringan dan perangkat internet. Dampak dari program pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya partisipasi warga dalam mendukung perkembangan Desa Wisata Jaya melalui pemanfaatan teknologi internet.

PDF

Referensi

Ardiansyah, I., & Maulida, R. G. (2020). Kajian atraksi, amenitas dan

aksesibilitas untuk pengembangan kepariwisataan di Taman Wisata

Alam Gunung Pancar kabupaten Bogor. Jurnal Inovasi Penelitian,

(4), 707–716.

Chen, Y.-K. (2012). Challenges and opportunities of internet of things.

th Asia and South Pacific Design Automation Conference, 383–388.

Darsono. (2005). Pengertian Desa.

https://desasentonorejo.wordpress.com/bab-ii/

Februariyanti, H. (2008). Internert Murah dengan Membangun Jaringan

RT-RW Net. Dinamik, 13(2).

Fuchs, C. (2007). Internet and society: Social theory in the information age

(Vol. 9). Routledge.

Ismayanti, I. (2010). Pengantar pariwisata. PT Gramedia Widisarana.

Kristianti, T. R., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh electronic word of

mouth, tingkat kepercayaan konsumen dan minat kunjungan wisata

kuliner Kota Bogor. Prologia, 4(2), 393–401.

Misbahruddin, A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan

Komunikasi (Tik) Oleh Rumah Tangga Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Information And Communication Technology (Ict) Utilization By The

Household For Daily Activity. Jurnal Penelitian Pers Dan

Komunikasi Pembangunan, 18(1), 1–16.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2021). Digitalisasi wisata di desa wisata.

Jurnal Kajian Ruang, 1(1).

Ningsih, Y. K., Rochman, Y. S., & Kurniawati, N. (2020). Implementasi

RT/RW-Net Menggunakan Metode User dan Bandwidth

Management. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan

Aplikasi Teknik, 19(2), 120–129.

Syafitri, L., Hendarmin, R., & Hartati, L. (2021). Metode Belajar Online

Terhadap Tingkat Kecerdasan Anak Sd Era Pademi Covid-19.

PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1),

–68.

Wisata, D. T. (2016). Pengaruh daya tarik wisata terhadap niat kunjungan

ulang wisatawan dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel

intervening pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurnal

Pariwisata, 1.