Abstrak
Sekolah Dasar Muhammadiyah Sidomulyo merupakan sekolah yang mengalami penurunan jumlah siswa paling banyak dibandingkan sekolah swasta lain di Kapanewon Godean Kabupaten Bantul DIY. Berbeda dengan beberapa sekolah di kapanewon Godean, sekolah lain bahkan memiliki 18 rombongan belajar yang artinya sekolah tersebut membuka 2-3 kelas di setiap angkatan. Orangtua siswa cenderung memilih menyekolahkan anaknya di sekolah lain di kecamatan yang sama dengan alasan memilih sekolah gratis di sekolah negeri atau memilih sekolah yang bagus menurut orangtua. Terkait dengan kualitas, Sekolah Dasar Muhammadiyah Sidomulyo sudah terakreditasi A. SD ini juga sudah memiliki gedung sekolah sendiri. Kepala sekolah dan guru berusaha meningkatkan kualitas sekolah melalui perbaikan manajemen sekolah maupun kompetensi guru namun terkendala biaya. Kompetensi guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sidomulyo dalam memanfaatkan teknologi masih terbatas. Kompetensi guru di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sidomulyo dalam memanfaatkan teknologi masih terbatas. Kemampuan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan bentuk profesionalitas guru. Teknologi juga dapat dimanfaatkan guru untuk melakukan promosi sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2023. Selama dua hari guru-guru mengikuti kegiatan workshop mengembangkan bahan ajar dan soal HOTS. Selanjutnya guru diminta mempraktekkan hasil pengembangan bahan ajar dan soal HOTS tersebut dalam pembelajaran dan diminta untuk memvideokan kegiatan pembelajaran. Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 12-13 Oktober 2023. Pada tahap kedua, guru belajar melakukan editing video menggunakan aplikasi capcut. Guru berlatih melakukan editing video pembelajaran dikegiatan sebelumnya. Hasil editing video tersebut diunggah atau dibagikan ke media sosial yang dimiliki guru sebagai bentuk promosi sekolah. Di akhir kegiatan ada doorprize bagi 2 guru yang membuat editing video terbaik.
Referensi
Data pokok sd muhammadiyah sidomulyo - pauddikdasmen
(kemdikbud.go.id)
González FJC, Gomez MP. (2020) Motivar Y Aprender (Genially: nuevas
formas de difusión y desarrollo de contenidos). Sevilla. 3(1): 34-42
Hasanah, S.U., Anum, A. & Novalia. (2020). Peningkatan kemampuan
membuat video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster di TK trisula
Bandar Lampug melalui pelatihan. Seminar Nasional Penelitian dan
Pengabdian kepada MasyarakatUniversitas Sang Bumi Ruwa Jurai
Tahun 2020.
Kaźmierczak, P. (2020). Is the Genially app really phenomenal? About
potentialof online tool during lessons of Polish as a foreign language.
Acta Universitatis Lodziensis. 01; 27(35).
Permendiknas. No. 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan
kompetensi Guru. 2007. BSNP.
Permendiknas. No. 17 Tahun 2007 tentang tunjangan profesi Guru. 2007.
BSNP
Permendikbud No 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar
dan menengah. 2016. BSNP
Sanchez E, Plumettaz-Sieber M. (2019).Teaching and learning with escape
games from debriefing to institutionalization of knowledge. In Lecture
Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in
Artificial Intelligenceand Lecture Notes in Bioinformatics): Vol. 11385
LNCS. Springer InternationalPublishing. https://doi.org/10.1007/978-3-
-11548-7_23