Abstrak
Peningkatan kompetensi guru tidak hanya berfokus pada peningkatan penguasaan materi. Lebih dari itu, di era digital seperti saat ini penerapan teknologi urgen dimiliki oleh guru. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada para guru khususnya untuk penguasaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sehingga guru dapat mengenali, memahami dan menggunakan beberapa aplikasi dan platform online yang dilatihkan dalam melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan di bidang matematika sains. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 17 guru SMP di kota Tangerang Selatan. Adapun program dan aplikasi yang dilatihkan yaitu aplikasi geogebra, platform kahoot, booklet hingga conker.ai. Berdasarkan analisis hasil kepuasan peserta (guru), diketahui bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru karena aplikasi dan platform online yang dilatihkan berguna sebagai media pembelajaran (92,9%). Guru juga menilai bahwa materi pelatihan ini sangat menarik (92,9%) dan menambah pengetahuan guru juga dalam hal evaluasi proses Pendidikan (92,9%). Adapun saran terkait dengan pelatihan ini adalah kestabilan jaringan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pelatihan supaya dapat dipersiapkan lebih matang kembali.
Referensi
Armiyati dan Fachrurozi. (2022). Technological pedagogical content
knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru di Tasikmalaya. JIPSINDO
(Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IndonesiaVol.09. No.02
(2022), pp. 164-176.
Bunyamin, dkk. (2021). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran
Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Jurnal
Kehumasan Vol 3, No 1, 2020, 43-50
Durdu, L., & Dag, F. (2017). Pre-Service Teachers’ TPACK Development and
Conceptions through a TPACK-Based Course. Australian Journal of
Teacher Education, 42(11), 150–171.
https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n11.10
Hohenwarter, M., Hohenwaeter, J., Kreis, Y., & Lavicza, Z. (2008).
Teaching and Calculus with Free Dynamic Matgematics Software
GeoGebra. ICME 11.
Kismiati, D.A., Hutasoit, L.R., Wahyuningsih, T., Ratnaningsih, A.,
Sekarwinahyu, M. (2023). Pelatihan Penanaman Toga Sebagai Upaya
Trauma Healing bagi Siswa SD Terdampak Gempa Bumi Cianjur. Jurnal
Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan
kepada Masyarakat Vol. 4 No. 3. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jpu/index
Maf’ulah, Wulandari, Jauhariyah dan Ngaten. (2021). Pembelajaran
Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga.
Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 10, Nomor 3,
September 2021
Mutanaffisah,R., Ningrum, R. dan Ari Widodo. (2021). Ketepatan
pemilihan pendekatan, metode, dan media terhadap karakteristik
materi IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7 (1), 2021, 12-21
Nugroho dan Romadhon. (2022). Minat Peserta Didik Mtsn 3 Banyuwangi
Dalam Gim Blooket Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Andragogi:
Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Vol. 10, No 2,
Desember 2022
Nurhayani, dkk. (2022). TPACK (Technological, Pedagogical, and Content
Knowledge) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD.
JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022 Halaman 179 –
Research & Learning in Elementary Education
https://jbasic.org/index.php/basicedu
Ratnaningsih, Dwi Indrawati, A. R. dan A. W. (2020). Training For
Fasilitator ( TFF ) Desa Bersih dan Pengelolaan Sampah 3R (Bank
Sampah) di Desa Cibodas , Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten
Bandung. Jurnal AKAL: Abdimas Dan Kearifan Lokal, 1(1), 58–68.
Rosyid. (2022). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi
Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat
Ekonomi ASEAN. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan
Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat
Ekonomi ASEAN