Abstrak
Branding produk merupakan sebuah cara untuk memperkenalkan suatu usaha yang memuat identitas usaha dan membentuk sebuah citra produk kepada masyarakat. Terlebih hidup di era digitalisasi saat ini sebuah usaha harus mampu menciptakan branding produk yang kuat agar lebih mudah dikenal oleh konsumen yaitu masyarakat. Namun permasalahannya banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Surabaya saat ini tidak mengerti mengenai manfaat branding produk pada usaha mereka. Pada di era digital saat ini teknologi sangat membantu memudahkan UMKM dalam membangun sebuah brand bahkan dengan biaya relatif minim. Dari permasalahan yang ada melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan strategi dan cara kepada pelaku UMKM khususnya di Surabaya untuk membangun sebuah branding pada usahanya dengan metode low cost. Tujuan dari pengabdian ini selain memotivasi dan sosialisasi kepada pelaku UMKM mengenai manfaat branding produk dalam meningkatkan nilai jual juga sebagai sarana promosi digital kepada konsumen, serta sinergi pengabdian kepada msayarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan akademisi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah low cost dengan memanfaatkan teknologi yang ada di internet dan software berbayar yang relatif murah. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa branding produk penting diterapkan oleh pelaku usaha UMKM untuk media promosi digital sekaligus memperkenalkan identitas dan citra usahanya pada masyarakat.
Referensi
Arianto, B. (2019). Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM
Daerah Istimewa Yogyakarta. 2(1)
Badan Pusat Statistik. (2016, 12 16). Launching Publikasi Ekonomi Kreatif
Retrieved from bps.go.id:
https://www.bps.go.id/news/2016/12/16/171/launching-publikasiekonomi-kreatif-2016.html
Bradshaw, P. (2017). online journalism handbook (2nd ed.). Routledge
DIKOMINFO SURABAYA(2021). UMKM Surabaya Capai 60 Ribu Lebih,
Ini Intervemsi Pemkot Surabaya. Retrived November
,2023, from https://surabaya.go.id/id/berita/60749/umkmsurabaya-capaiIrawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding dan
Packaging UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiah di Kota
Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(1),
–36. https://doi.org/10.22219/JANAYU.V1I1.11188
Irvan, M. (2015). Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam kegiatan
Perancangan dan Pengembangan Produk. Faktor Exacta,4(3),
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/55
Sri Dewi Setiawati, M. R. (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku
Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Abdimas BSI, 126.