PENDAMPINGAN GURU SD DALAM PEMBUATAN ALAT PERAGA GEOMETRI DI KABUPATEN PANGKEP
PDF

Kata Kunci

Alat Peraga
Geometri
PkM

Abstrak

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk melatih guru sekolah dasar (SD) untuk membuat media pembelajaran berupa alat peraga sederhana untuk topik Geometri. Berdasarkan hasil wawancara dengan Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan & Kebudayaan serta beberapa Kepala SD di Kabupaten Pangkep, diperoleh informasi bahwa masih minimnya jumlah alat peraga matematika khususnya Geometri dan rendahnya kreativitas guru dalam membuat alat peraga matematika Geometri. Peserta PkM ini adalah guru-guru SD yang jumlahnya 50 orang dan merupakan perwakilan dari kecamatan yang ada di daratan Kabupaten Pangkep. Kegiatan PkM ini berbentuk pelatihan, simulasi, dan ujicoba alat peraga Geometri di SD. Langkah-langkah teknis dalam kegiatan PkM ini adalah: pengenalan alat peraga Geometri sederhana di SD, pelatihan pembuatan alat peraga Geometri sederhana, simulasi penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika topik Geomatri di SD. Hasil dari PkM ini adalah: 1) peserta dapat membuat alat peraga Geometri sederhana, 2) peserta dapat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika topik Geomatri di kelas, dan 3) siswa senang belajar menggunakan alat peraga Geometri dan mampu meningkatkan pemahamannya pada pelajaran matematika.

PDF

Referensi

Anggoro, S. (2014). Analisis Perbandingan Sikap Belajar dan Penguasaan Konsep IPA menggunakan Strategi Joyful Learning di Kelas IV SD Kota Bandung. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

BPS, (2018). Data Jumlah SD/MI di Kabupaten Pangkep masa 2013 – 2018. https://pangkepkab.bps.go.id/indicator/28/63/1/jumlah-sekolahmenurut-kecamatan-di-kabupaten-pangkajene-dan-kepulauan-2013-2018.html

Damayanti, N.W. , Mayangsari, S.N., & Mahardhika, L.T. (2017). Konstruksi Rumus Luas Lingkaran Berbasis Media Manipulatif dalam Setting Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Edutic, 3(2), 117-124.

Kelly, C. A. (2006). Using manipulatives in mathematical problem solving: A performance-based analysis. The Montana Mathematics Enthusiast, 3(2), 184-193. Diakses tanggal 5 Juni 2015 dari http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=

1.1.134.4216&rep=rep 1&type=pdf#page=61

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Komplek Kemdikbudristek, Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan.

https://buku.kemdikbud.go.id Cetakan pertama, 2021.

Nia Kania. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret Terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol. 1 No. 2, Januari 2017 hal. 64-71.

Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. New York: Basic Books B. Suherman, Erman, (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA Jurusan Matematika UPI.