Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Pamekasan Pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V
Keywords:
belajar efektif, e-modul, kearifan lokalAbstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan bahan ajar, kurangnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan kurangnya kemampuan siswa mengenal kearifan lokal daerahnya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal Pamekasan pada tema 8 subtema 1 yang valid, praktis, dan efektif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pagagan 2. Kevalidan diperoleh skor total validasi ahli bahasa, ahli materi, ahli desain bahan ajar, dan ahli desain pembelajaran yaitu 91,95%. Kepraktisan diperoleh dari observasi aktivitas guru yaitu 94,44%, observasi aktivitas siswa yaitu 90,43%, angket respon guru yaitu 90%, dan angket respon siswa yaitu 94,16%. Keefektifan diperoleh dari ketuntasan klasikal tes hasil belajar siswa yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian, maka pengembangan e-modul valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.