POJOK BACA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN INTELEKTUAL DAN KARAKTER GENERASI MUDA DI KELURAHAN TAKOFI KABUPATEN PULAU MOTI
PDF

Kata Kunci

sosialisasi pendidikan
pojok baca
generasi muda

Abstrak

ABSTRAK

Pengabdian ini bertujuan untuk pengadaan program pojok baca sebagai upaya peningkatan intelektual dan karakter generasi muda di kelurahan takofi kabupaten pulau moti dengan mitra yaitu SMPN 9 Kota Ternate. Metode pelaksanaan PKM dilakukan dengan: (1) Sosialisasi pendidikan, (2) Pembuatan Pojok Baca. Seluruh kegiatan yang telah dilakukan dalam pembuatan pojok baca sebagai upaya peningkatan intelektual dan karakter generasi muda di kelurahan takofi kabupaten pulau moti berjalan dengan baik. Kegiatan Sosialisasi Pendidikan terlihat siswa SMP sangat antusias menyimak materi yang diberikan oleh pemateri bagaimana pentingnya membaca bagi generasi milenial sekarang ini. Acara kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan diajukan secara antusias oleh para peserta dalam sesi tanya jawab. Secara garis besar inti dari pertanyaan para peserta adalah: (1) Bagaimana cara mengajak masyarakat desa untuk minat membaca; (2) Apa yang terjadi kalau kita malas membaca buku. Setelah dilaksanakan sosialisasi Pendidikan, kemudian acara berikutnya pembuatan pojok baca. Hal yang pertama dilakukan yaitu penyusunan rak buku yang dilaksanakan oleh dosen dan dibantu guru-guru sekolah. Setelah rak disusun kemudian buku-buku yang terdapat di kardus dikeluarkan kemudian disusun di rak buku tersebut

PDF

Referensi

Abin Syamsuddin Makmun 2004. Psikologi Kependidikan. Remaja

Rosdakarya, Bandung

Ariani, N. & Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia Media di Sekolah

(Ardhiawan, Ed.). Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Trollip, Stanley, R. & Alessi, Stepen, M. 1991. Computer based

Instructional: Method and Development. Prentice Hall

National Research Council.1989. National Council of Teachers of

Mathematics. Curriculum and evaluation standards for school

mathematics. Reston, VA: The Author.

Nicol, J. 2002. An Aspect of Mathematical Understending: The National of

“Connectes Knowing”. Doctoral thesis, La Trobe University,

Australia.

Council of Teacher Mathematics (NCTM). 2000. Principle and Standards for

School Mathematics. Reston: The National Inc.

Suharna, Hery. 2014. Proses Berpikir Koneksi Antar Konsep Siswa dalam

Menyelesaikan Masalah Aljabar. Prosiding ini telah dipresentasikan

dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XXI.

Yogyakarta

Suharna, Hery. 2014. Berpikir Koneksi Relatif Melalui refleksi dalam

Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Konferensi Nasional

Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II) Jurusan

Pendidikan .Matematika Universitas Muhammadiyah Solo.

Suharna, Hery. 2014. Proses Berpikir Koneksi Antar Konsep Siswa dalam

Menyelesaikan Masalah Aljabar. Prosiding ini telah dipresentasikan

dalam acara Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XXI.

Yogyakarta.

Susanti, E. 2014. Proses koneksi produktif dalam Penyelesaian Masalah

Matematika. Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementian Agama

RI.Jakarta.

Thoha.C. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Raja Grapindo Persada,

Jakarta.