PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN UMKM DALAM MENDUKUNG DESA WISATA DI MATTUNGGALENG KABUPATEN BULUKUMBA
PDF

Kata Kunci

Literasi Digital
UMKM
Desa Wisata

Abstrak

Literasi digital di manfaatkan  untuk menemukan, menganalisis, membuat, dan mengirimkan informasi menggunakan teknologi. Berdasarkan pengalaman beberapa negara, pemanfaatan teknologi informasi telah menjadi salah satu penggerak pembangunan ekonomi khususnya di daerah pedesaan. Pemanfaatan TIK dianggap efektif dalam mengurangi migrasi masyarakat dari desa ke kota dan meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Desa. Keberadaan UMKM sendiri bisa mendukung perkembangan pariwisata yang ada di Desa. Desa Mattunggaleng merupakan salah satu Desa dengan potensi wisata yang menarik yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. Desa dengan luas 210 hektare ini mempunyai lokasi yang strategis serta potensi wisata yang sangat potensial. Salah satu konsep wisata yang sedang dikembangkan pada Desa Mattunggaleng ini adalah Konsep wisata alam dengan taman yang instragamable. Kemudian ditambah dengan adanya kolam renang dan area pemancingan. Kegiatan PKM ini diselenggarakan untuk membantu mengatasi permasalahan terkait peningkatan kompetensi literasi digital untuk meningkatkan UMKM pada aspek strategi komunikasi pemasaran digital sehingga bisa membantu mengembangkan Desa Wisata. Kegiatan diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023  di Aula Kantor Desa Mattunggaleng . Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah para pelaku UMKM di Desa Matunggalleng  yang berjumlah ± 30 orang dengan jenis usaha yang beragam. Metode pelaksanaan dilakukan dalam bentuk penyuluhan (ceramah), tutorial dan diskusi interaktif.

PDF

Referensi

Andrianti, Tanto Lailam. (2019) Pengembangan Desa Wisata Melalui Penguatan Strategi Komunikasi Pariwisata. Jurnal SENADIMAS UNISRI, ISBN: 978-602-73158-5-3

Fahmi, F. Z., & Sari, I. D. (2020). Rural transformation, digitalisation and subjective well being: A case study from Indonesia. Habitat International, 98, 102150.

https://surakartadaily.com/2022/08/digitalisasi-untuk-penguatan-ketahanandesa-sumberejo/ diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022 pkl 20.40 WIB

https://www.kominfo.go.id/content/detail/40788/dukung-upaya-peningkatanliterasi-digitalpelaku- umkm/0/berita diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022 pkl 20.45 WIB

https://www.desabisa.com/pendekatan-rra-rapid-rural-apprasial/ diakses pada Minggu 30 Oktober 2022 pkl 19.05 WIB

Shome, Kumar. 2019. Microbial L-asparaginase from mangroves of andaman islands. Indian J. of Marine Science 30: 183-184.

Luhung Achmad Perguna dkk. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS : Jurnal

Pengabdian Nusantara, 3 (2), 2020, 204-214

Luhung Achmad Perguna dkk. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS : Jurnal

Pengabdian Nusantara, 3 (2), 2020, 204-214

Mavilinda, H.F., Nazaruddin, A., Nofiaty., Siregar, L.D. (2021). Menjadi “UMKM Unggul Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Tantangan Bisnis Di Era New Normal. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(1): 17-28. DOI: https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29

Sri Herwindya Baskara Wijaya. (2021). Workshop Literasi Pemasaran Digital Desa Wisata Di Desa Tanjung, Klaten, Jawa Tengah. Prosiding PKMCSR, Vol. 4 (2021) e-ISSN: 2655-357