PENGUATAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI PENGELOLA PANTAI SULAMADAHA KOTA TERNATE
PDF

Kata Kunci

Buku saku
sumber daya manusia
pengelola pantai sulamadaha

Abstrak

Sumber daya manusia (SDM) menjadi elemen penting dalam layanan pariwisata. Aspek ini belum mendapatkan perhatian dalam pengelolaan pariwisata Pantai Sulamadaha. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yaitu memberikan penguatan SDM kepada pengelola obyek wisata Pantai Sulamadaha, Kota Ternate. Metode ceramah dan simulasi dipilih untuk menyampaikan materi-materi penguatan bagi pengelola. Setelah kegiatan sosialisasi dengan metode ceramah dilanjutkan dengan simulasi secara langsung tentang keramahtamaan berwisata yang telah dituangkan dalam buku saku. Hasil kegiatan PKM terdiri dari output fisik dan non fisik. Output fisik yaitu buku saku (handbook) tentang keramahtamaan (hospitality) dalam melayani wisatawan yang disertai dengan model percakapan berbahasa Inggris secara sederhana bagi pengelola Pantai Sulamadaha. Kemudian brosur atraksi wisata di Pantai Sulamadaha. Sedangkan output non fisik yaitu kegiatan sosialisasi tentang keramahtamaan dalam layanan wisata dan mini praktik percakapan bahasa Inggris bagi pengelola wisata. Dampak kegiatan PKM bagi pengelola Pantai Sulamadaha yaitu mereka telah memahami aspek keramahtamaan dalam melayani wisatawan, mengetahui kosakata percakapan bahasa inggris dengan wisatawan. Walaupun disadari belum seluruhnya anggota pengelola memahaminya. Kemudian pengelola memiliki buku pegangang melayani wisatawan dan memiliki brosur atraksi wisata yang dapat dibagikan ke wisatawan domestik maupun manca negara yang berkunjung ke Pantai Sulamadaha.

PDF

Referensi

Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar manajemen hospitality. Penerbit NEM.

Idrus, S. (2018, December). Perspektif Sumber Daya Manusia Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 1).

Nuriana, M. Y. (2023). Peranan Hospitality Dalam Membangun Pariwisata Di Desa Mekarbuana. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 2251-2255.

Pajriah, S. (2018). Peran Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Pariwisata Budaya di Kabupaten Ciamis. Jurnal Artefak, 5(1), 25-34.

Sariguna, P., & Kennedy, J. (2024). Hospitality: Sejarah dan Perkembangannya dalam Manajemen Pariwisata. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 8(2), 78-97.

Sihite, H. Y., Setyanto, H. Y., & Gervinko, G. (2021). Analisis dan Strategi Pengembangan Kemampuan Bahasa Inggris Pariwisata di SMAN 1 Teluk Sebong Kab. Bintan. Jurnal Konsepsi, 10(3), 269-276.

Wijaya, T. W., Aditya, D. S., & Syahrir, M. (2022). Pelatihan English Conversation Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Pariwisata. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(4), 4603-4608.

Wolor, C. W., & Sari, D. A. P. (2020). Hospitality. Gracias Logis Kreatif.