INOVASI PRODUK SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN “USAHA CEMILAN POTALI” MAHASISWA UT GORONTALO

Abstrak

Untuk menambah pengalaman belajar diluar kampus, mahasiswa digiatkan untuk melakukan kegiatan kewirausahaan. Dalam hal ini kami mengembangkan usaha cemilan Potali. Produk yang dijual di sini adalah kentang goreng. Kentang goreng merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari masyarakat. Banyaknya usaha kentang goreng yang dikembangkan di Gorontalo dan sulitnya mendapatkan kentang yang berkualitas, serta naiknya harga bahan baku, membuat kami kesulitan dalam menjalankan usaha kentang goreng Potali. Adanya Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kewirausahaan Mahasiswa, memberikan semangat dan mendorong kami untuk terus menjalankan usaha yang sudah ada. Usaha cemilan Potali ini dikembangkan di Jalan Trans Sulawesi Kabupaten Gorontalo, Kecamatan Tibawa, Desa Isimu Selatan. Usaha Cemilan Potali ini dilaksankan oleh 3 orang mahasiswa dari Program Studi S1 Perpustakaan, S1 Ilmu Administrasi Negara, dan S1 Perpajakan, dengan bimbingan 2 orang dosen dari UT Gorontalo. Proses bimbingan kewirausahaan dengan dosen dilakukan secara tatap muka dan online. Dalam kegiatan ini. kami berinovasi dengan mengembangkan produk yang dijual selain kentang goreng. Hasil dari kegiatan PKM Kewirausahaan mahasiswa ini adalah dihasilkannya produk baru berupa kentang, sosis. bakso, dan batagor (Angsobagor) pada usaha cemilan Potali. Selain itu juga produk disajikan dengan berbagai variasi rasa, sehingga menambah varian produk yang bisa dipilih oleh pelanggan. Disamping itu juga dilakukan pembaharuan tempat usaha, peluncuran logo dan pembuatan kemasan baru, penambahan beberapa ornamen dan alat penunjang usaha lainya yang dapat menambah daya tarik pembeli dan meningkatkan omset penjualan. Usaha Cemilan Potali ini juga berdampak pada meningkat ekonomi masyarakat disekitarnya, diantaranya adalah para komunitas ojek online yang terlibat dalam melayani pemesanan makanan. Disamping itu kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa dan masyarakat yang ingin belajar berwirausaha sehingga memiliki penghasilan tambahan.

PDF

Referensi

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media sosial Instagram

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bisro & Bar. e-

Proceeding of Management, 175–179.

Fitriani, S., M, Trisna., Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha dan

Pengaruhnya terhadap Kerberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro dan

Kecil. Management Insight, 13 (1), 47–58.

https://core.ac.uk/download/pdf/228573912.pdf

Khairi, M. & D. D. (2021). The Relationship Between Destination

Attractiveness, Location, Tourism Facilities, And Revisit Intentions.

Journal of Marketing and Business Research, 1 No. 1, 39–50.

https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.56348/mark.v1i1.32

Kurniawan, R., Krismonita, Y. . (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk

dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Express

Sukabumi. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XI no 2, 145–154.

https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i2.112

Prasidi, Dimas, Mardiyah, A. (2021). Analisis Nilai Tambah Kentang

Sebagai Bahan Naku Kripik Kentang Keju. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Pertanian Universitas Muhammadiyah sumatera Utara, 1 No. 2, 1–7.

Sholeh, Muhamad, Yusuf, M. (2020). Dampak Posit Kegiatan Program

Pengembangan Kewirausahaan sebagai Upaya Meningkatkan Daya

Minat Kewirausahaan bagi Mahasiswa. E-Dimas Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang, 11 No. 2, 132–138.

https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.2563

Sinambela, E. . (2021). Examining the Relationship between Tourist

Motivation, Touristic Attractiveness, and Revisit Intention. Journal of

Social Science Studies, 1 No. 1, 25–30.

https://doi.org/https://doi.org/10.56348/jos3.v1i1.4